Generic Banner

Inilah Perbedaan Hub Dan Switch Pada Jaringan Komputer

Inilah Perbedaan Hub dan Switch Pada Jaringan Komputer, Dalam perangkat jaringan komputer ada sebuah istilah yang dikenal dengan hub serta switch. Secara bentuk, kedua perangkat ini hampir saja terlihat sama, namun mempunyai kinerja fungsi yang berbeda-beda. Beberapa orang awam mengenal keduanya ini sama saja alasannya ialah dilihat dari sisi bentuknya. Sama halnya dikala pertama kali aku dulu belum mengenal apa itu hub serta apa itu swicth, aku kira kedua alat ini sama. Namun, sehabis bertanya pada hebat komputer jaringan atau coba baca di situs-situs, ternyata hub dan switch ini berbeda. Sebelum mengenal lebih jauh 2 komponen jaringan ini, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa hub itu? dan apa switch itu?


Hub merupakan perangkat jaringan yang mengirimkan paket data ke semua port yang terhubung ke hub hingga paket data tersebut hingga pada tujuan. Sedangkan Switch merupakan perangkat jaringan yang mendistribusikan paket data pribadi hingga tujuan antar komputer dalam jaringan serta mempunyai fungsi untuk mengenali topologi jaringan pada banyak layer osi.


Menurut fungsinya hub dan switch ini sama-sama mengirimkan sebuah paket data dalam suatu jaringan komputer. Namun, dalam skala besar dan membutuhkan kecepatan yang handal, switch lebih unggu daripada hub. Berawal dari sini, ada beberapa hal perbedaan antara hub dan switch yang perlu kita ketahui. Mari ikuti ulasannya dibawah ini.

Perbedaan Hub dan Switch dalam Jaringan Komputer
Apa sih perbedaan hub serta switch? Mari kita simak beberapa klarifikasi di bawah ini yang sudah aku rangkum dari banyak sekali literatur yang ada.

1. Harga Switch dan Hub
Dari segi ekonomi, harga hub lebih murah dibandingkan dengan harga switch dikarenakan kelebihan fungsi dan keamanan yang ditawarkan switch.

2. Kecepatan Transfer Data
Switch mempunyai kecepatan transfer data lebih baik dibandingkan dengan hub. Sehingga kini ini banyak yang menciptakan jaringan menggunakan switch. Switch ini bisa untuk melaksanakan prioritas transmisi data dari mac address yang sedang dituju, sehingga bisa mentransmisikan paket data lebih cepat daripada hub yang hanya membuatkan paket data keseluruh komputer yang terhubung jaringannya.


3. Segi Keamanan
Dari segi keamanan, hub mempunyai tingkat keamanan lebih rendah daripada switch. Switch juga menggunakan sistem seleksi terhadap komputer yang terhubung dengannya berupa MAC address, hal ini memungkinkan jikalau ada MAC address yang sanggup menjadikan problem pada jaringan sanggup di blok saja.

4. Sistem Transmisi
Switch sanggup mentransmisikan paket data sesuai request dari komputer yang sedang membutuhkan paket data tersebut, sedangkan hub mentransmisikan paket data yang masuk ke seluruh komputer yang terhubung dengan jaringannya.

5. Letak pada Lapisan OSI Layer 
Hub bekerja pada lapisan OSI layer pertama yang dinamakan dengan Physical Layer, sedangkan switch melaksanakan kerjaannya pada lapisan OSI layer kedua yakni Data Link.

6. Beban Kinerja pada Jaringan
Dilihat dari sistem kerja nya, sedangkan hub mempunyai beban kerja yang tidak rumit atau bisa dibilang simple, sedangkan switch mempunyai beban kerja yang lebih kompleks.


7. Setting Jaringan (Manageable)
Hub tidak bisa melaksanakan setting perangkat yang terhubung ke jaringan, sedangkan switch bisa di-setting melaksanakan blokir terhadap komputer/mac address yang dirasa mengganggu transmisi data. Switch sendiri apabila digunakan pada jaringan yang kecil menyerupai dirumah, tidak perlu melaksanakan setting yang ribet, hanya perlu colok kabel LAN pribadi ke switch. Untuk jaringan yang lebih besar menyerupai di warnet atau di kantor memerlukan managed switch yang biasanya di setting dengan menciptakan virtual LAN atau VLAN untuk setting kecepatan port, host, filter mac address dll.

Sumber http://sendbroadcast.blogspot.com

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments