Generic Banner

5 Cara Semoga Terhindar Dari Kejahatan Phishing Apple Id

5 Cara Supaya Terhindar Dari Kejahatan Phishing Apple ID, Ya, banyak pengguna produk Apple di  negara Indonesia mendapat email Phishing dan tidak sedikit yang tertipu dan secara tidak sadar telah menyerahkan data pribadinya. Kali ini saya akan membahas bermacam-macam hal mengenai Phishing Apple ID dan tips supaya anda terhindar dari tindakan tersebut.

APA ITU PHISHING?


Secara sederhana, Phishing merupakan tindakan untuk mencuri bermacam-macam informasi eksklusif menyerupai Password, Username, email atau data lainnya dengan sebuah tampilan jebakan. Disebut jebakan sebab anda akan digiring untuk membuka website tipuan yaitu mempunyai tampilan yang menyerupai dengan website yang biasa diakses untuk memasukkan data tersebut (misalkan laman appleid.apple.com atau mungkin akun gmail.com).


Setelah anda memasukkan data yang diharapkan oleh pelaku Phishing, bermacam-macam jenis kejahatan dengan identitas tersebut sanggup dilakukan dengan lebih mudah. Misalkan jikalau yang dicuri merupakan Apple ID serta password, pencuri ini sanggup belanja memakai Appel ID anda dengan data kartu kredit di dalamnya. Bahkan lebih jauh lagi, bukan mustahil jikalau penjahat ini sebelumnya sudah mencuri iPhone atau iPad anda dan butuh passwordnya untuk melepas kuncian Lost Mode di perangkat tersebut dengan mengirim email Phishing.

TIPS AGAR TERHINDAR DARI KEJAHATAN PHISHING APPLE ID

1. AMATI BAGIAN PENGIRIM PESAN


Jika anda memakai app Mail di perangkat iOS, ada belahan From yang sanggup anda tekan untuk melihat info lengkap dari pengirim email tersebut. Jika tidak memakai alamat email yang biasa dipakai oleh Apple, pastinya anda patut curiga. Bisa saja pelaku Phising tersebut menciptakan domain yang menyerupai dengan Apple.com dan seolah itu email orisinil dari Apple, anda juga sekali lagi harus teliti untuk belahan ini.

Sebagai catatan tambahan, beberapa orang sempat mendapat pesan Phishing dengan email yang bersumber dari noreply@apple.com. Dari beberapa catatan yang sudah saya temukan, alamat email tersebut bukan dari Apple atau sanggup saja berupa cara gres untuk meniru tampilan email pengirim. Apple selalu memakai alamat email noreply@email.apple.com untuk update informasi seputar akun Apple ID, informasi resmi dari Apple atau beberapa hal lainnya.

2. TELITI, TELITI DAN SELALU TELITI


Kejahatan Phishing paling sering terjadi di email alias pesan masuk pada akun surat elektronik yang anda gunakan. Biasanya pelaku kejahatan ini akan mengirimkan pesan dengan nada perintah dan bahaya yang menciptakan anda harus secepat mungkin menekan tombol yang ada di dalamnya. Setelah menekan tombol, tampilan web yang menyerupai akan hadir dan proses pencurian data akan terjadi sehabis kau memasukkan informasi ke belahan tersebut.


Untuk menghindari hal tersebut, pastikan anda selalu teliti dalam setiap membaca pesan yang masuk. Misalkan untuk pesan email dari Apple, tidak pernah ada nada bahaya atau kewajiban untuk memasukkan data gres dalam waktu yang sangat singkat (24 jam atau mungkin beberapa jam ke depan). Apple juga tidak pernah memperlihatkan pesan email dengan font yang berukuran aneh, format bahasa yang acak-acakan atau bermacam-macam hal lainnya.

Secara lebih lengkap lagi, Apple selalu memperlihatkan pesan yang lebih detail dengan menyebutkan nama pemilik akun di belahan pembuka, informasi yang ingin dijelaskan secara lengkap dan singkat serta informatif. Jika beberapa hal tadi tidak anda temukan, sanggup saja pesan yang anda dapatkan yaitu tindakan Phishing.

3. JANGAN SEMBARANGAN MENYEBAR EMAIL UNTUK APPLE ID


Saya eksklusif punya opini untuk memisahkan email yang bekerjasama dengan Apple ID dengan email untuk kegiatan pekerjaan atau mungkin sekedar mendaftar di bermacam-macam sosial media. Karena jikalau email tersebut biasa anda bawa atau pajang di kartu nama, buku tamu dari undangan sebuah program atau mungkin kegiatan lainnya, maka semakin besar kemungkinan untuk mendapat pesan Phising dari pihak tidak bertanggung jawab.

Untuk anda yang biasa berseluncur di dunia maya atau bermacam-macam lembaga di internet, silakan berhenti untuk susukan website aplikasi bajakan atau hal lainnya yang mewajibkan anda login dengan email misalnya. Anda tidak akan pernah tahu apakah email anda akan disebarkan oleh pihak siapa saja ke belahan mana saja atau nyasar ke pelaku kejahatan Phishing.


4. JANGAN TEKAN TOMBOL APAPUN SEBELUM KAMU YAKIN


Pastikan anda tidak menekan tombol atau tautan di teks belahan manapun pada email yang dicurigai, sebelum yakin bahwa pesan ini berasal dari Apple. Ya, sebab jikalau sudah menekan tautan tersebut, sanggup saja anda tertipu dengan tampilan website yang diberikan dan “tergoda” untuk memasukkan detail Apple ID serta password.

Langkah terbaik untuk mencegah anda menekan tautan yang ada di email tersebut yaitu menjauhkan sentuhan dari trackpad komputer atau jari di layar perangkat iOS dikala membaca pesan tadi. Setelah dirasa yakin bahwa pesan email ini berupa Phishing, silakan hapus atau screenshot tampilannya lengkap dengan akun email pengirim. Anda sanggup melaporkan email tersebut kepada Apple di alamat email reportphishing@apple.com untuk mencegah tindakan ini terjadi lagi di pengguna lain. Apple juga mempunyai beberapa email yang lain untuk melaporkan tindakan kejahatan berupa Phishing atau lainnya.

5. TINGKATKAN KEAMANAN APPLE ID


Tips terakhir supaya terhindar dari kejahatan Phishing Apple ID yaitu meningkatkan keamanan dari akun Apple ID yang anda gunakan. Silakan aktifkan fitur Two-Factor Authentication untuk memperlihatkan keamanan tambahan, mencegah proses login Apple ID hanya dengan Username dan Password saja.

Keamanan lainnya yaitu punya aktivitas teratur untuk mengganti password dari akun Apple ID anda. Bisa setiap bulan atau kurun waktu lainnya dan pastikan bahwa password email dan password Apple ID yaitu 2 kunci keamanan yang berbeda.

AKHIR KATA


Saya udah berbagai mendengar pengalaman angker dari korban Phishing Apple ID yang terjadi di Indonesia. Mulai dari pengguna yang mendapat tagihan kartu kredit dalam nominal tidak terduga, Apple ID dicuri atau bahkan sampai perangkat iOS dan komputer Mac yang dikunci lewat iCloud Activation Lock. Agar teman anda atau keluarga erat lainnya tidak menjadi korban yang sama, silakan sebarkan artikel ini dan bantu edukasi mereka untuk lebih hati-hati dengan kejahatan Phishing Apple ID.

Sumber http://sendbroadcast.blogspot.com

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments