Generic Banner

Cara Gampang Cek Unlock Bootloader (Ubl) Xiaomi Tanpa Pc: 2 Menit

Cara Praktis Cek Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Tanpa PC: 2 Menit, Sebuah smartphone yang menggunakan system operasi berbasis android pastinya mempunya bootloader yang bertugas dalam memberi intruksi kernel pada system operasi android untuk menjalankan booting secara normal ibarat yang telah di atur oleh developernya. Hal tersebut dikarenakan smartphone dengan system operasi android merupakan OS yang open source sehingga menyediakan aneka macam jenis hardware yang berbeda-beda yang menciptakan setiap pabrikan smartphone mempunyai spesifikasi bootloader yang berbeda pula.


Hal tersebut sanggup menjadikan sebuah efek positif dan juga negative. Dampak positif sanggup dirasakan pengguna smartphone lantaran dengan terbukanya bootloader mereka sanggup mengganti sebuah ROM sesuai dengan harapan mereka sendiri. Sedangkan efek negative muncul kalau mereka salah memasang ROM maka akan sangat fatal pada perangkat yang mengakibatkan device tersebut justru mati total.


Meskipun operating system android populer dengan open source-nya, namun setiap vendor smartphone yang mengusung OS ini tidak ingin penggunanya beralih ke custom ROM lain serta meninggalkan user interface yang sudah jerih payah mereka kembangkan. Karena dasar itulah setiap vendor smartphone tetapkan untuk mengunci bootloader mereka biar pengguna tidak sanggup melaksanakan penggantian ROM lain.

Terkuncinya bootloader akan menciptakan pengguna sangat kesulitan untuk sanggup memodifikasi perangkat mereka serta hampir tidak mungkin untuk mengganti ROM resmi bawaan pabrikan meskipun menggunakan cara yang paling mutakhir sekalipun ibarat menggunakan metode EDL bahkan. Oleh alasannya ialah itu, kalau kau tetapkan untuk mengganti custom ROM langkah awal yang harus kau ketahui yaitu cara membuka kunci bootloader tersebut.


Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pihak Xiaomi semenjak tahun 2016 yang kemudian telah mengambil keputusan untuk mengunci bootloader pada semua perangkat smartphone yang berbasis android. Diberlakukannya hukum tersebut bertujuan untuk mengurangi peluang para pengguna Xiaomi beralih dari MiUi ke custom ROM lain yang dianggap merugikan perusahaan asal Tirai Bambu tersebut.

Karena belakangan ini banyak sekali beredar sebuah ROM agen atau ROM Xiaomi yang abal-abal serta mempunyai banyak sekali bloatware sehingga merugikan pengguna lantaran sanggup menciptakan konsumen justru jenuh menggunakan MiUi lantaran banyak iklan yang bermunculan dan menghabiskan banyak sekali kuota data internet mereka.

Semua device Xiaomi yang rilis pada tahun 2017 sudah 100% menggunakan bootloader yang terkunci ibarat misalnya Redmi Note 4 5, Mi 6, Mi Mix 2, Mi Max 2. Jika kau merasa ingin tau ingin mengecek status bootloader (UBL) Xiaomi kau terkunci atau terbuka, kau sanggup ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

Inilah 5 Cara Cek Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Tanpa PC

1) Buka Menu "Tentang Ponsel"
Silahkan kau pergi ke sajian Pengaturan => Tentang Ponsel

2) Tekan "Versi MiUi"
Kemudian banyak isu yang di tampilkan sesudah sajian "Tentang Ponsel"  kau klik. Kamu abaikan sajian yang lainnya, cukup fokus saja pada Versi MiUi kemudian tekan sebanyak 7 kali hingga mode pengembang aktif.


3) Cari sajian "Setelan Tambahan"
Setelah versi MiUi di klik sebanyak 7 kali maka mode pengembang sudah diaktifkan, selanjutnya silahkan kau temukan sajian tersebut dengan pergi ke sajian Pengaturan => Setelan Tambahan

4) Cari sajian "Opsi Pengembang"
Kemudian akan muncul banyak pilihan menu. Silahkan kau cukup scrol ke bawah kemudian ada sebuah sajian "Opsi Pengembang"

Setelah sajian "Opsi Pengembang" ketemu, kau pribadi klik saja sajian tersebut maka akan ada banyak sajian lain namun kau abaikan saja, kau scrol saja terus ke bawah hingga ketemu sajian "Mi Unlock Status" sempurna ibarat teladan gambar di bawah!

Jika tampilan UBL kau ibarat pada gambar di atas (gembok masih dalam keadaan terkunci), artinya bootloader HP Xiaomi kau masih terkunci (locked bootloader). Untuk unlock-nya kau sanggup membaca cara membuka (unlock) UBL Xiaomi.

Cek UBL Xiaomi Dengan PC/ Komputer
Selain cara di atas ternyata ada cara lain untuk mengetahui status UBL pada HP Xiaomi yang kita gunakan yakni menggunakan PC/ komputer. Jika kau menggunakan ROM MIUI 8 ke bawah, tidak sajian Mi Unlock Status tidak akan ada, jadi untuk mengeceknya kau harus menggunakan pinjaman PC/Komputer, Laptop dan software 15 Seconds ADB Installer sebagai berikut:


a) Unduh Aplikasi ADB Installer
Unduh dan isntall aplikasi berjulukan ADB Installer di pada Windows, Mac OS dan Linux. Setelah menginstall ADB Installer, masuk ke folder C:\adb kemudian tekan SHIFT + Klik Kanan pada penggalan kosong dan pilih Open command window here.. Lihat gambar di bawah!


b) Ketik Perintah pada CMD
Selanjutnya ketik perintah fastboot oem device-info pada kotak Command Prompt. Jika pada isu Device unlocked: true; Lihat gambar di bawah!


Jika muncul ibarat tanda panah di atas, artinya smartphone Xiaomi kau telah unlock bootloader, tapi kalau false, artinya bootloader Xiaomi kau masih terkunci (locked bootlader).

Sumber http://sendbroadcast.blogspot.com

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments