Generic Banner

Fenomena Langit Yang Membingungkan Para Sains

Ada banyak fenomena alam, terutama fenomena langit, yang sudah kita lihat. Ada yang sudah biasa kita lihat, menyerupai contohnya munculnya pelangi, hingga ke fenomena langit yang cukup aneh, namun mempunyai klarifikasi ilmiahnya. Dari semua fenomena langit itu, ada beberapa yang saking anehnya, fenomena langitnya masih belum sanggup dijelaskan secara ilmiah. Berikut ini yaitu beberapa fenomena langit yang masih belum sanggup dijelaskan sains.

Cahaya Marfa

 fenomena langitnya masih belum sanggup dijelaskan secara ilmiah Fenomena Langit Yang Membingungkan Para Sains

Fenomena ini diketahui pertama kali di wilayah Marfa, Texas, pada tahun 1957. Saat itu, satu artikel di sebuah majalah menceritakan adanya fenomena misterius berupa penampakan bola cahaya asing pada malam hari di erat wilayah tersebut. Kadang bola cahaya ini terlihat berjumlah lebih dari satu, dan juga kadang bola cahaya ini membelah dan bertambah banyak. Biasanya bola-bola cahaya ini berwarna putih, merah, kuning, atau oranye dan bergerak naik turun.

Meski fenomena ini gres dipublikasikan pada tahun 1957, ternyata fenomena ini sudah ada semenjak lama. Tahun 1883, penduduk Texas berjulukan Robert Ellison sedang berkemah di sebelah barat Paisano Pass, Texas. Tak usang lalu ia mulai menyaksikan cahaya-cahaya asing berbentuk bola di kejauhan.

Pada mulanya ia menduga jika cahaya itu yaitu sinyal dari suku Indian Apache. Namun sehabis memandangnya selama beberapa saat, ia menyadari bahwa cahaya itu bukan menyerupai yang dipikirkannya. Sahabat bakpia.com selama beberapa saat, Robert melihat bola cahaya asing itu menari-menari di atas permukaan tanah. Penasaran, ia pulang ke rumah dan menceritakan penampakan itu kepada teman-temannya. Salah seorang dari sobat Robert lalu menyampaikan kepadanya bahwa cahaya itu memang sering terlihat di daerah itu dan tidak ada seorangpun yang tahu darimana asalnya.

Yang asing adalah, di erat munculnya penampakan bola cahaya ini, tak ada ada bangunan, api unggun, aktifitas insan atau deposit mineral yang sanggup menghasillkan cahaya serupa. Jadi, dari mana datangnya cahaya tersebut?

Ada beberapa teori terkait fenomena ini. Teori pertama yaitu cahaya ini terbentuk sebab fatamorgana, yang biasa kita lihat di gurun pasir. Karena adanya perbedaan suhu yang sangat besar antara lapisan udara panas dan lapisan udara dingin, maka fenomena fatamorgana sanggup terjadi. Kemungkinan, bola cahaya ini yaitu hasil dari fatamorgana ini.

Teori kedua yaitu cahaya ini merupakan St. Elmo’s Fire. Penjelasan mudahnya, St. Elmo's Fire yaitu kilauan yang menyertai pelepasan listrik yang terus menerus dari objek tertentu. Biasanya fenomena ini muncul ketika terjadi petir dan waktu tertentu di mana awan yang mengandung muatan listrik muncul. Namun disinilah kelemahan teori ini. Diketahui dikala munculnya bola cahaya Marfa, kondisi cuaca tidak sedang mendung dan tidak ada petir di sana.

Teori yang terakhir yaitu teori pembalikan temperatur. Teori ini menyebutkan bahwa cahaya di Marfa itu berasal dari lampu kendaraan beroda empat yang melewati wilayah sana. Pembalikan temperatur sendiri terjadi ketika udara padat yang cuek terjebak pada lapisan udara hangat di erat tanah. Jadi, ketika sebuah kendaraan beroda empat lewat di jalan tol, bahkan bermil-mil jauhnya, dan bertemu dengan kondisi pembalikan temperatur, maka cahaya lampu kendaraan beroda empat akan membuat bola-bola cahaya asing yang mengapung di udara. Hanya saja, teori ini juga mempunyai kelemahan. Bagaimana dengan penampakan cahaya yang dilihat oleh Robert Ellison pada tahun 1883, sementara kendaraan beroda empat pertama gres diproduksi pada tahun 1896? Intinya, masih belum ada yang sanggup menjelaskan fenomena cahaya Marfa ini.

Upward Lightning



Jika biasanya petir menyambar dari awan yang ada di atas menuju ke Bumi, maka fenomena yang satu ini malah sebaliknya, petirnya justru menyambar ke atas atau ke arah awan. Fenomena ini pertama kali ditemukan oleh Karl McEachron dari General Electric Company yang kala itu tengah merekam aktifitas kilat di atas gedung Empire State, New York, Amerika Serikat, pada tahun 1935.

Tiba-tiba, dari banyaknya petir, ia menemukan sebuah petir yang terlihat janggal, dimana petir tersebut menyambar ke atas, bukan ke bawah. Lantas, hal ini membuat para ilmuwan jadinya mengetahui bahwa 1 dari 1000 petir, ternyata menyambar ke atas. Hanya saja, para ilmuwan masih belum mengetahui kenapa petir itu sanggup menyambar ke atas.

Skyquake



Skyquake, atau istilah bahasa Indonesianya yaitu gempa langit, yaitu fenomena di mana terdengar bunyi menyerupai meriam atau ledakan sonik yang seolah muncul dari langit. Fenomena ini telah terdengar di aneka macam negara, menyerupai India, Amerika Serikat, Jepang, hingga Italia.

Suara skyquake digambarkan menyerupai bunyi petir yang jauh lebih keras, namun anehnya fenomena ini terjadi dikala tidak ada awan di langit yang cukup besar untuk menghasilkan petir. Skyquake persis terdengar menyerupai bunyi tembakan meriam, dan terkadang mengakibatkan gelombang kejut yang cukup besar.

Banyak yang mengaitkan fenomena ini dengan makhluk ekstra-terestrial atau alien, namun para ilmuwan terang tidak oke dengan pernyataan itu. Hanya saja, hingga kini, masih belum ada klarifikasi resmi terkait terjadinya gempa langit ini. Kebanyakan klarifikasi dari gempa langit ini masih berupa teori saja.

Sementara, gempa langit ini mempunyai 7 teori. Teori pertama menyebut bahwa gempa langit berasla dari meteor yang memasuki atmosfer Bumi dan mengakibatkan ledakan sonik; Teori kedua menyebut bahwa gempa langit berasal dari gas bio yang membusuk dari vegetasi di dasar danau tiba-tiba meledak; Teori ketiga, gempanya berasal dari luruhan kapur di gua-gua bawah laut; Teori keempat, suaranya berasal dari kegiatan militer; Teori kelima, gempa langit dikaitkan dengan gempa Bumi, namun tak dijelaskan apa keterkaitannya; Teori keenam, gempa langit berasal dari anomali atmosfer atas Bumi; Teori ketujuh, gempa langit berasal dari resonansi dari Matahari atau acara magnetik Bumi yang terangsang.

Solid Light

 fenomena langitnya masih belum sanggup dijelaskan secara ilmiah Fenomena Langit Yang Membingungkan Para Sains

Solid Light, atau cahaya padat, yaitu sebuah fenomena munculnya cahaya sorot menyerupai dikala artis yang berada di atas panggung. Apabila kalian pernah menonton program televisi Mr. Bean, dalam adegan pembukaannya terlihat cahaya yang menyorot ke bawah, yang lalu membuat jatuh Mr. Bean. Kira-kira itulah citra dari solid light. Tak ada yang tahu dari mana cahaya ini berasal. Yang pasti, cahaya ini berasal dari langit. Karena itulah, lagi-lagi fenomena ini dikaitkan dengan UFO.

Fenomena ini amat sangat langka dan tak ada yang tahu niscaya apa penyebab cahaya tersebut. Karena orang pada zaman dahulu beranggapan bahwa cahaya tersebut berasal dari satu sumber layaknya lampu pementasan, 'piring terbang' jadinya dijadikan tersangka. Padahal, UFO dan solid light yaitu kedua fenomena yang berbeda. Satu-satunya yang sama yaitu keduanya sama-sama belum sanggup dijelaskan secara ilmiah.

Cahaya di Yekaterinburg, Rusia



Tahun 2014, warga Yekaterinburg, Rusia, dibentuk heboh dengan munculnya cahaya di langit secara tiba-tiba. Cahaya tersebut merubah malam menjadi sangat terang dalam beberapa detik. Penampakan cahaya tersebut berhasil diabadikan dalam bentuk video oleh seorang pengendara yang kebetulan lewat di erat cahaya tersebut terlihat.

Seorang pengendara tanpa nama yang membuat rekaman video, menyampaikan tidak ada bunyi yang terdengar dikala cahaya misterius itu muncul. Sahabat bakpia.com dia mewaspadai itu merupakan ledakan rudal, atau ledakan meteorit, yang seharunya mengeluarkan bunyi yang menggelegar.

Beberapa orang menilai cahaya misterius di Yekaterinburg mempunyai bentuk berbeda dari rujukan ledakan meteorit di Chelyabinsk yang terjadi pada tahun 2013. Mereka beropini kemunculan UFO merupakan klarifikasi yang lebih sanggup diterima.

Akhirnya, cahaya itu hingga kini masih belum mempunyai klarifikasi secara ilmiah, kenapa sanggup terjadi, dan dari mana cahaya itu berasal.

Pernahkah kalian melihat salah satu dari fenomena langit misterius di atas?

referensi 
https://bakpia.com/search?q=fenomena-yang-tidak-dapat-dijelaskan-pernah-terjadi-di-langit
https://bakpia.com/search?q=fenomena-yang-tidak-dapat-dijelaskan-pernah-terjadi-di-langit
https://bakpia.com/search?q=fenomena-yang-tidak-dapat-dijelaskan-pernah-terjadi-di-langit
https://www.viva.co.id/berita/dunia/559731-video-cahaya-terang-misterius-di-langit-rusia
https://www.liputan6.com/citizen6/read/3488117/masih-misteri-ini-7-fenomena-langit-yang-belum-terpecahkan

Sumber https://www.anehdidunia.com

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments