Generic Banner

Fenomena Unik Salju Di Pecahan Dunia Niscaya Jarang Kita Lihat

Bagi kita yang hidup di negara yang beriklim tropis, yang hanya mempunyai tiga demam isu setiap tahunnya, yaitu demam isu panas, demam isu hujan dan demam isu pancaroba. Berbeda dengan negara di benua Eropa yang terdapat demam isu dingin, dimana ketika demam isu hirau taacuh tiba, salju berjatuhan dari atas dan tentunya demam isu hirau taacuh ini seringkali menjadi saat-saat yang tidak disukai orang-orang ketika mengemudi, apalagi kalau menemui bongkahan salju yang besar yang tentunya menambah rumit dalam berkendara. Namun, demam isu hirau taacuh atau sebut saja demam isu salju juga sanggup memperlihatkan suatu pemandangan yang sangat indah dengan beberapa fenomena salju yang unik dan menarik. Seperti apa fenomena salju yang indah dan juga berbahaya ini ? Langsung simak penjelasannya di bawah ini.

Light Pillars

 Bagi kita yang hidup di negara yang beriklim tropis Fenomena Unik Salju Di Belahan Dunia Pasti Jarang Kita Lihat

Seakan-akan mirip tembok yang berwarna-warni bangun kokok di atas tanah, pilar yang terbuat dari pantulan cahaya ini sering disalahartikan sebagai UFO. Fenomena ini sering terjadi ketika malam hari ketika demam isu hirau taacuh tiba, sekilas terlihat mirip adanya aura misterius dari kekuatan dunia lain, namun sekali lagi, ini hanyalah keberadaan fenomena salju yang disebut light pillars. Seorang mahir fisika dan mahir optik atmosfir, Les Cowley, menyampaikan bahwa fenomena ini terjadi sebab pantulan cahaya. Sahabat bakpia.com cahaya yang berbentuk lingkaran, menyinari jutaan kristal es pada demam isu dingin, dengan adanya cahaya yang muncul itu, memantulkan cahaya ke arah mata dan kamera yang kita bawa, sehingga menciptkan banyak sekali macam warna yang memanjakan mata kita sekaligus menikmati fenomena indah ini dalam beberapa waktu sebelum cahaya itu pudar.

Selama malam yang hirau taacuh tanpa berhembusnya angin, fenomena alam light pillars ini sanggup terbentuk seperti terlihat lebih akrab dengan tanah dan memantulkan cahaya dari lampu jalan di kota dan lampu dari kendaraan yang digunakan. Dengan adanya pantulan sinar dari media-media tersebut, menghasilkan fenomena yang jarang terlihat ini. Untuk perubahan warna yang terjadi seringkali bervariasi, tergantung objek yang merefleksikan cahaya untuk diserap, hal ini menjelaskan bagaiman warna cahaya sanggup beragam. Yang lebih menariknya lagi, fenomena serupa ini sanggup terjadi ketika sinar matahari atau cahaya bulan memantulkan cahaya dari kristal es, sehingga menghasilkan pembentukan pilar matahari dan bulan disekitarnya.

Bola Es

 Bagi kita yang hidup di negara yang beriklim tropis Fenomena Unik Salju Di Belahan Dunia Pasti Jarang Kita Lihat

Di sebuah desa terpencil di Siberia, pada tahun 2016 silam, penduduk sekitar disambut dengan banyak sekali macam benda-benda ajaib yang tampaknya terdampar di pinggir pantai sekitar. Benda-benda ini membentang sejauh 18 kilometer di sepanjang pesisir pantai, fenomena yang jarang terjadi ini memperlihatkan bentuk bola es dengan variasi bentuknya dari yang kecil hingga besar. Beberapa bentuk bola es ini ada yang berukuran 1 meter dengan diameter yang bervariasi. Sahabat bakpia.com selain di kawasan pantai, fenomena ini juga terjadi di sekitar Teluk Ob, seakan alam bersiap untuk melaksanakan pertarungan bola salju. Para penduduk pun dibentuk kebingungan dengan munculnya fenomena ini, awalnya mereka merasa itu yakni menandakan akan datangnya sesuatu yang tidak baik, ada juga yang justru ingin tau dengan bola es.

Ternyata, bola es ini terbentuk dari es frazil atau adonan kristal es dengan air. Oleh sebab itu, kemunculan bola es ini hanya terdapat di kawasan pantai ataupun kawasan perairan ketika demam isu hirau taacuh tiba. Selain itu, dengan adanya tiupan angin yang kencang sanggup menggulung es yang sudah tercampur dengan air berulan-ulang sehingga memperlihatkan bentuk bola mirip yang terlihat pada gambar. Bola es ini juga kadang berwarna cokelat sebab sudah tercampur dengan pasir. Jadi, selain adanya adonan air dan salju, sumbangan angin yang kencang juga kuat dalam proses pembentukan bola es ini. Jika angin bertiup tidak terlalu kencang, yang terbentuk hanyalah dataran es biasa dan kadang kala berbentuk mirip pancake, tidak berbentuk bola es. Bentuk bola es ini padat dan mempunyai berat hingga 23 kilogram, tentunya menciptakan warga keberatan untuk melaksanakan perang bola salju memakai bola es ini dan tentunya juga berbahaya kalau mengenai seseorang.

Penitentes

 Bagi kita yang hidup di negara yang beriklim tropis Fenomena Unik Salju Di Belahan Dunia Pasti Jarang Kita Lihat

Fenomena unik lainnya yaitu Penitentes. Fenomena ini memperlihatkan salju yang berbentuk ibarat patch paku yang mematikan. Bentuk-bentuk yang dihasilkan juga bervariasi, ada yang kecil, besar, pendek dan tinggi. Bahkan, kalau kalian beruntung, kalian sanggup menemukan ukuran raksasa dari bentuk fenomena ini, jauh lebih tinggi dari pundak orang dewasa, ada juga yang mencapai tinggi 6 meter. Fenomena penitentes sering terjadi ketika demam isu hirau taacuh akan berakhir, sehingga sanggup terlihat tanah di sekitar fenomena ini muncul sudah tidak ditutupi dengan salju lagi. Bagaimana fenomena unik ini terjadi ? Penitentes terbentuk dari salju atau yang mengeras pada ketinggian diatas 4000 meter di atas permukaan laut. Oleh sebab itu, fenomena Penitentes hanya sanggup ditemukan di kawasan yang cukup tinggi, mirip lembah-lembah, perbukitan, ataupun pengunungan, dimana gumpalan saju sangat tebal dan sinar matahari yang tidak terlalu kuat.

Proses pembentukan deretan penitentes sebab adanya proses sublimasi, ketika salju pribadi menguap tanpa menjadi cair terlebih dahulu. Dengan adanya proses sublimasi tersebut menimbulkan serpihan salju yang tidak menguap akan memberi lekukan yang terjadi secara acak. Sahabat bakpia.com letak kawasan yang bervariasi juga memilih bentuk dari deretan penitentes berbeda-beda, misalkan ketika berada di ketinggian 4000 mdpl, kemungkinan menyublim akan semakin kecil, sehingga proses sublimasi akan semakin bervariasi satu dengan lainnya dan menjadikan bentuk penitentes yang lebih tinggi dibanding dengan kawasan yang lebih rendah. Seiring dengan waktu, bentuk yang terjadi akhir fenomena penitentes juga menjadi sesuatu yang berbahaya, terutama bagi pendaki gunung, sebab deretan ini sanggup menghalangi jalan setapak bagi para pendaki.

Frogsicles



Ketika suhu menjadi semakin rendah dan menurun hingga di bawah titik beku, banyak sekali binatang mempunyai penyesuaian yang membantu mereka bertahan di demam isu hirau taacuh yang akan datang. Seperti beruang yang melaksanakan hibernasi ketika demam isu hirau taacuh dan belibis yang akan bergerombol untuk terbang ke arah selatan ketika demam isu hirau taacuh tiba, katak kayu juga mempunyai seni administrasi untuk bertahan hidup ketika demam isu hirau taacuh tiba. Tidak mirip kebanyakan katak yang melindungi diri mereka di dalam lumpur ataupun di bawah perairan, ketika demam isu hirau taacuh tiba, katak kayu mulai menggali tanah yang terdapat bekas daun berguguran untuk memberi sedikit kehangatan bagi tubuhnya. Setelah cukup merasa hangat, katak kayu mulai membekukan dirinya, mulai dari jantung yang berhenti berdetak hingga organ-organ badan lainnya berhenti berfungsi, termasuk fatwa darahnya yang membeku. Pada kondisi ini, badan katak dikatakan mati sepenuhnya.

Pada organisme lain, pembekuan yang terjadi dalam badan ketika demam isu hirau taacuh sanggup berakibat fatal bagi tubuh, sebab pembekuan yang terjadi sanggup memecah struktur halus sel-sel, sehingga sel-sel menjadi kekurangan cairan tubuh dan tidak sanggup berfungsi lagi secara normal. Sahabat bakpia.com berbeda dengan katak kayu, dengan keadaan membeku, tubuhnya sanggup memproduksi glukosa dalam jumlah besar dan mentransfer glukosa tersebut ke dalam selnya untuk bertindak sebagai antibeku secara efektif. Selain itu, kadar urea dalam badan binatang ini juga meningkat, sehingga proteksi terhadap selesai hidup sel sanggup ditingkatkan. Pada ketika membekukan dirinya, sel-sel dalam badan katak ini tidak sepenuhnya membeku, hanya jaringan luar badan yang mengalami pembekuan total, mirip di kulit, mata dan otot-otot menjadi beku seutuhnya. Ketika demam isu semi tiba, katak kayu akan mencair dan kembali beraktivitas, jantung dan paru-paru mulai berfungsi lagi mirip sedia kala dan katak akan melompat pergi seolah-olah demam isu hirau taacuh tidak menjadi suatu ancaman bagi dirinya.

Referensi
https://www.livescience.com/57482-light-pillars-photo-ontario.html
https://bakpia.com/search?q=fenomena-alam-aneh-tidak-bisa-dijelaskan
https://owlcation.com/stem/Frozen-Wood-Frogs-and-Adaptations-for-Survival
https://www.bbc.com/news/world-europe-37883003


Sumber https://www.anehdidunia.com

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments